Monday, July 30, 2018

Keberagaman Komunikasi

Keragaman Komunikasi









1. Komunikasi Audio

A. Pengertian Komunikasi Audio

Komunikasi yang bercirikan dengan sinyal elektronik yang digunakan untuk membawa unsur bunyi, yang dilakuakan dengan menggunakan lambang verbal atau bahasa yang disampaikan secara lisan . proses penyampaian pesan atau informasi dari sumber kepada satu penerima atau lebih dengan cara memvisualisasikan sekaligus mendengar isi pesan atau insformasi kepada penerima melalu media elektronik



B. Contoh Komunikasi Audio

1. Telepon

2. Radio




C. Macam macam Audio

1. Audio Streaming
Istilah yang digunakan untuk mendengarkan siaran secara live melalui internet. Berbeda dengan cara yang lain yaitu biasanya mendownload terlebih dahulu file dan menyimpan di dalam komputer kemudia memutar file tersebut. Macam-macam audio streaming adalah Winamp(mp3), RealAudio (ram) dan Liquid Radio


2. Audio Visual
Perangkat sound system yang dilengkapi dengan penampilan gambar, biasanya digunakan untuk presentasi, home theater dan lain sebagainya.


3. Audio Response
Audio atau suara yang dihasilkan oleh komputer, output pembicaraan yang dihasilkan komputer untuk menanggapi input jenis khusus misalnya permintaan nomor telepon.

4. Audio Oscillator
Audio Oscillator adalah produk dari perusahaan Hewlett Packard (HP) yang pertama. Produk ini digunakan oleh Walt Disney Studios dalam pembuatan film yang berjudul Fantasia

5. Audio Modem Riser
Audio Modem Riser adalah sebuah kartu plug in pada motherboardIntel yang memuat sirkuit audio atau sirkuit modem. AMR memuat fungsi-fungsi analog yang diperlukan untuk operasi modem dan atau audio


2. Komunikasi Video

A. Pengertian Komunikasi Video

suatu alat komunikasi yang dapat di tangkap melalui visual atau penglihatan, komunikasi video memungkinkan anda untuk melakukan sesuatu tanpa harus bertemu langsung dengan si penerima, dan anda bisa mengirim dan menyampaikan sebuah informasi kepada siapapun dengan cepat

B. Contoh Komunikasi video


video call


C. Macam macam Video

A. Video IP
Video IP adalah sebuah video yang dilewatkan melalui IP. Ada 3 kategori pada saat mereka dipancarkan pada publik baik melewati satelit, melalui kabel, dan melalui IP atau format radio analog. Berikut adalah 3 kategori dalam Video IP

1. Kategori Pertama

Kategori pertama adalah memancarkan video dari satu sumber ke berbagai tujuan. Pemancaran seperti ini terjadwal sedangkan pemancaran lewat IP multicast kepada pengguna jaringan bisa secara langsung atau rekaman.

2. Kategori Kedua

Kotegori yang kedua adalah video berdasarkan permintaan sehingga hanya satu user saja yang ingin melihat transmisi file video yang disimpan didalam IP unicast. Video ini sebelumnya direkam dan disimpan ke dalam server sehingga jika ada permintaan video tersebut bisa diputar.

3. Kategori Ketiga

Kategori Ketiga adalah sebuah konferensi video interaktif yang bisa berlangsung antara 2 atau lebih pengguna.

A. Videotex
Videotex adalah sebuah istilah yang dibuat ITU untuk menjelaskan peralatan TV yang digunakan untuk menampilkan data berbasis komputer, baik lewat telepon atau kanal pemancar.

B. VideoOut
VideoOut adalah sebuah fitur yang ada pada perangkat keras yang bisa menghubungkan kamera ke video in port pada televisi atau monitordan menampilkan citra digital dilayar video.

C. Video RAM
Video RAM atau biasa disingkat dengan VRAM adalah tipe spesial dari DRAM yang memungkinkan akses direct hight speed memory melalui sirkuit video.

E. Video Text
Video Text adalah suatu kemampuan untuk mengirimkan dan juga mentransmisikan secara 2 arah dari suatu gambar atau suara.


3. komunikasi Video dan Audio

A. Pengertian Komunikasi Video dan Audio

Audio-visual juga dapat menjadi media komunikasi. Penyebutan audio-visual sebenarnya mengacu pada indra yang menjadi sasaran dari media tersebut. Media audiovisual mengandalkan pendengaran dan penglihatan dari khalayak sasaran (penonton). Produk audio-visual dapat menjadi media dokumentasi dan dapat juga menjadi media komunikasi. Sebagai media dokumentasi tujuan yang lebih utama adalah mendapatkan fakta dari suatu peristiwa.


B. Contoh Komunikasi Video dan Audio

Televisi


4. Komunikasi Data


A. Pengertian Komunikasi Data

Komunikasi Data adalah proses pengiriman data / informasi dari dua / lebih device (komputer, smartphone, handphone, dll) yang terhubung dalam suatu jaringan. Dapat juga diartikan sebagai upaya untuk bertukar pesan antara pengirim & penerima informasi.


B. Blok Diagram Komunikasi Data :

[ sumber ] => [ Pengirim ] => [ Sistem Tranmisi ] => [ Penerima ] => [ Tujuan ]


C. Klasifikasi Komunikasi Berdasarkan Informasi yang Dikirim dan Diterima :

1. Komunikasi Audio, yaitu jenis komunikasi yang hanya memungkinkan mengirim dan menerima informasi dalam bentuk suara (Contoh : Radio, Voice Mail, dll)

2. Komunikasi Video, yaitu jenis komunikasi yang memungkinkan mengirim dan menerima informasi dalam bentuk gambar (Contoh : Big Screen yang menampilkan iklan di kota – kota, dll)


3. Komunikasi Audio & Video, yaitu komunikasi yang memungkinkan mengirim dan menerima informasi dalam bentuk suara dan gambar sekaligus (Contoh : Televisi, Video Call, dll)


4. Komunikasi Data, yaitu komunikasi yang mana informasi yang dikirimkan dan diterima berupa data digital (Contoh : Aplikasi Internetworking pada jaringan komputer)


D. Jenis – jenis Komunikasi Data :

1. Terestrial, menggunakan media kabel dan nirkabel sebagai aksesnya

2. Satelit, menggunakan satelit sebagai aksesnya


Bagian yang wajib dan harus ada dalam sebuah komunikasi data adalah :


1. Receiver / Penerima, penerima data / informasi yang dikirim oleh sender


2. Sender / Pengirim, pengirim data / informasi yang selanjutnya akan diterima oleh receiver


3. Message / Pesan, data yang dikirim oleh sender


4. Media Transmisi, media yang dibutuhkan oleh data / informasi yang dikirim oleh sender agar sampai ke receiver (Contoh : Kabel, udara, dll)


5. Protocol, adalah aturan yang harus disepakati oleh dua atau lebih device agar dapat berkomunikasi (Contoh : IEEE 802.11 standar yang digunakan untuk jaringan local menggunakan wireless)







Referensi :


http://www.teorikomputer.com/2017/09/macam-macam-video-pada-komunikasi-video.html


https://id.wikipedia.org/wiki/Komunikasi_data



TERIMA KASIH GAESS SEMOGA MEMBANTU

No comments:
Write comments

Network

Haii gaess welcome to TutorIT, jadi TutorIT ini adalah Tutorial seputar IT, jadi buat kalian yang ingin tahu tentang IT kalian bisa baca blog ini dan semoga bermanfaat untuk kalian semua