Tuesday, July 31, 2018

Cara membuat DHCP Server di Windows Server GUI 2016

 Hai Gaeessss , kali ini gw akan memberi tahu ke kalian cara membuat DHCP Server di Windows Server GUI 2016 





1. Pada Server manager, klik Manage, lalu pilih Add Roles and Features, disini kita akan menambahkan fitur DHCP


2. Setelah itu akan ada dialog, Jika persyaratan sudah memenuhi maka klik Next, berikut adalah persyaratannya :
    • Password akun administrator anda harus kuat
    • Ip komputer anda harus static/statis, karena akan bertindak sebagai server
    • Dan yang terakhir adalah Kemanan anda harus terupdate dari Windows Update

3. Lalu pilih Role-based or feature-based installation, Lalu klik Next

4. Setelah itu, Pilih nama komputer anda lalu klik Next
 

5. Pilih DHCP Server

6. Lalu klik Add Features dan kalian jangan lupa centang yang tulisannya " include management tools "
7. Jika muncul dialog ini, Klik Next saja, itu hanya dialog penambahan fitur baru

8. Lalu klik Next, karena kita ingin menuju ke penginstallan 

9. Dan klik Install, karena kita ingin menginstall

 10.  Klik Close dan akan ada Notif, buka dan Klik "Complete DHCP configuration"
 

 11. Lalu klik Commit , karena kita ingin membuat DHCP

12. Lalu cukup klik Close saja gaess karena DHCP nya berhasil dibuat

13. Dan lalu klik Tools, tombolnya berada disamping Management, Lalu klik DHCP

14. Klik 2 kali nama komputer anda, dan klik IPv4, dan klik kanan, lalu pilih new scope

15. Akan ada dialog New Scope Wizard, Klik Next

16. Lalu isi Nama dan Deskripsi server, kalau saya memakai kelas saya , lalu Klik Next
 

17.  Lalu akan ada Dialog configurasi IP Address Range, itu adalah Jangkauan IP Address yang akan disebar/digunakan oleh Komputer Client, Jika IP Kelas B, maka samakan 2 angka ip pertama dengan ip server yang sudah disetting di server, jika sudah Klik Next

18. Lalu akan ada dialog Add Exclusions, itu adalah pengecualian IP atau IP yang tidak akan dibagikan ke komputer client, Sebelumnya saya mensetting IP yang akan dibagikan adalah 172.16.4.2 - 172.16.4.30 artinya saya membagikan sebanyak 28 IP, lalu saya buat pengecualian yang jangkaunnya itu IP 172.16.4.16 - 172.16.4.30 artinya saya menahan IP sebanyak 14, yang 14 IP itu tidak dapat digunakan oleh Komputer Client, Add lalu Next
 

19. Nah dialog berikutnya akan ada Lease Duration, dimana itu adalah waktu IP yang ditahan diserver, Nah saya kan menahan 14 IP, Durasi saya menahan disini saya setting selama 8 hari, jadi setelah 8 hari, 14 IP yang saya tahan akan dapat digunakan kembali oleh Komputer Client
 


20. Selanjutnya akan ada dialog Konfigurasi DHCP Options, disana berisi konfigurasi Gateway, DNS, dll. Jika ingin konfigurasi pilih Yes, dan Next
21. Nah pada Router (Default Gateway), agar mudah saya sarankan kalian mengisinya sama dengan IP Default Gateway yang ada di komputer server, jika sudah klik Add lalu Next
 


 22. Selanjutnya akan ada konfigurasi DNS, kalau dibagian ini saya next saja 
 


23. Nah DHCP sudah jadi, anda dapat mengaktifkan Scope sekarang atau nanti, jika ingin mengaktifkan sekarang, maka pilih Yes, lalu klik Next
24. Selanjutnya klik " finish " , dan scope nya berhadil dibuat
Sudah Selesai Cara setting DHCP server, Nah saya menguji DHCP server tersebut, Yakni dengan komputer lain yang IP nya sudah disetting DHCP, dan disini saya akan memasukkan / membuat client dengan windows 10 dan linux kubutu 
 ^^ Ini tampilan saat client di windows terhubung dengan server 2016 yang kita buat ^^ 




 
^^ Dan ini tampilan jika linux kubuntunya yang sudah terhubung dengan server 2016 ^^





No comments:
Write comments

Network

Haii gaess welcome to TutorIT, jadi TutorIT ini adalah Tutorial seputar IT, jadi buat kalian yang ingin tahu tentang IT kalian bisa baca blog ini dan semoga bermanfaat untuk kalian semua