Monday, August 6, 2018

Cara Mengakses dan Meriset Router MIKROTIK di Winbox

HAI GAESSSSS jadi kali ini gw akan memberi tahu tentang cara mengonfigurasikan Router MIKROTIK di winbox



Pastinya kalian harus memiliki aplikasi winbox nya terlebih dahulu, ini aplikasinnya gaess

Hasil gambar untuk winbox

1. Kalian klik aplikasinnya, jika sudah klik akan tampil seperti gambar dibawah, disini saya menggunakan ip address menurut No absen saya.


2. Lalu klik IP addres kita dan klik "connect"

3. Nanti tampilannya akan seperti gambar dibawah (maaf gaess gamabrnya saya crop, karna kalau ga di crop akan burem atau tidak jelas), lalu kalian klik "IP" selanjutnya klik yang tulisannya "addrress list"

Addres list ini menampilkan IP address yang kita connect sebelumnya, lalu klik silang saja


4. Setelah itu kalian klik " terminal

5. Jika sudah tampilannya seperti dibawah, kalian masukkan perintah " ip address print

6. Karena ip address saya ada dua jadi saya harus menghapus ip address yang tidak terpakai. lalu gimana kak cara mengapusnya? . carannya kalian masukkan perintah " ip address remove "

Karena ip address No 1 tidak terpakai jadi saya klik ni 1 seperti gambar diatas. Lalu bagaimana cara kita bisa lihat  ip address yang sudah dihapus? carannya kalian hanya masukkan perintah " ip address print " , jika ip addressnya sisa 1 berarti ip yang tidak terpakai sudah terhapus 

Menggunakan TELNET & SSH 

1. Jika kita ingin melihat ip address dengan format telnet, carannya menggunakan aplikasi " terminal ". cara menggunakannya kalian masukkan perintah " telnet (masukkan ip address kalian) "

2. Jika kalian sudah memasukkan perintah yang tadi, lalu kalian login, bagaimana kak cara loginnya? masukkan username (kalau usename saya "admin") dan kalian masukkan password nya (kalau password saya kosongkan) , jika sudah memasukkan username dan passwordnya klik enter dan akan tampil gambar MIKROTIK .

Lalu bagaimana cara menggunakan format SSH? kalian buka lagi aplikasi winbox nya lalu kalian klik " tool " setelah itu kalian klik " telnet " . jika sudah akan tampil seperti gambar dibawah, karna kita ingin menggunakan SSH jadi kita ceklis yang tulisannya SSH . dan kalian tulis ip addressnya lalu masukkan usernamenya , jika sudah klik " telnet " yang berada di samping kanan.

Otomatis tampilannya akan ada gambar MIKROTIK , kalian bisa langsung masukkan perintah " ip address print "

 Menggunakan WEBFIG & FTP 

 1. Saya akan bahas WEBFIG terlebih dahulu kalian bisa buka di crome , google atau mozila . carannya kalian tulis ip address kalian dan webfig Contoh: 192.168.88.116/webfig/  

 2. Lalu kita coba lewat FTP , carannya kalian tulis ftp://ip address kalian  Contoh: ftp://192.168.88.116

Lalu bagai mana cara merisetnya ?

Cara merisetnya cukup mudah gaess, pertama tama kalian buka lagi aplikasi winbox nya, lalu klik " system "  klik " reset configuration " jika sudah klik enter , lalu kalian ceklis yang di tengah , setelah di ceklis kalian klik " reset configuration " yang ada di sebelah kanan. 

Lalu ip address akan menjadi 0.0.0.0 


TERIMA KASIH SEMOGA MEMBANTU YA GAEESS 



No comments:
Write comments

Network

Haii gaess welcome to TutorIT, jadi TutorIT ini adalah Tutorial seputar IT, jadi buat kalian yang ingin tahu tentang IT kalian bisa baca blog ini dan semoga bermanfaat untuk kalian semua