Friday, September 25, 2020

Penjelasan Singkat Student Site Gunadarma

 


Disini saya akan menjelaskan fitur fitur yang ada di student site Gunadarma

    Student site adalah sebuah fasilitas prasarana dunia maya yang di peruntukkan kepada semua mahasiswa Universitas Gunadarma. Disini mahasiswa mendapatkan informasi-informasi yang di butuhkan tanpa harus melihat dan datang ke kampus untuk mengetahui informasi tersebut. Dan cara aktivasinya juga cukup mudah, pertama tama buka studentsite lalu klik menu aktivasi lalu masukkan NPM (Nomor Pokok Mahasiswa), tempat lahir, tanggal lahir, username, password, email, dan nomor HandPhone. 

    Jika mahasiswa gunadarma belum tahu NPM (Nomor Pokok Mahasiswa) kalian bisa lihat di baak.gunadarma.ac.id, pada menu baak kalian tinggal cari di bawah info mahasiswa baru lalu kallian klik nama, masukkan nama kalian dan nantinya akan tampil no pendaftaran, nama, NPM, kelas, dan keterangan.

    oke, kembali lagi di pembahasan kali ini yaitu student site, setelah kalian berhasil aktivasi maka kalian harus login, setelah login kalian bisa melihat di bagian kiri menu menu apa saja yang bisa kalian gunakan.




1. Home
    Di menu home ini kalian bisa melihat berita berita terbaru di gunadarma

2. Biodata/Foto
    Di menu ini kalian melihat apakah data kalian sudah benar atau belum, jika belum kalian bisa     mengubahnya 

3. Info Kampus
    iya sesuai namannya di menu info kampus ini kalian bisa melihat info info di kampus

4. Email
    Yaitu fitur studentsite yang dapat diakses dalam satu layar (window) aplikasi hanya dengan     log- in studentsite, mahasiswa tidak perlu mengaktifkan aplikasi browser lain untuk melihat     ataupun membuat surat elektronik. Fitur-fitur yang ditawarkan dalam fasilitas email ini juga     menyediakan komponen umum seperti filtering, managing folder, deleting, dan masih banyak lagi.  Kapasitas memori yang ditawarkan oleh fasilitas email ini besar sehingga mahasiswa lebih leluasa  untuk mengatur aktivitas surat menyurat elektroniknya. Biasanya para mahasiswa menggunakan  fasilitas Email ini untuk mengirim tugas kepada para dosen yang memberikan tugas.

5. KRS
    Kartu Rencana Studi (KRS) adalah kartu yang berisi daftar mata kuliah yang akan dikuti     oleh mahasiswa dalam satu semester, dalam . KRS juga tercantum data mahasiswa yang     meliputi Nomor Pokok Mahasiswa (NPM), Nama, Kelas, Fakultas, Jurusan, Jumlah Semester  dan Tahun Akademik yang diikuti.
 KRS merupakan bukti bahwa mahasiswa AKTIF di semester yang bersangkutan.
 KRS yang sah adalah. KRS yang sudah ditempel pas foto dan stempel Universitas     Gunadarma.
 KRS wajib dibawa pada saat mengikuti ujian (Ujian Tengah Semester, Ujian Akhir Semester,  dan Ujian Utama).
 Pengisian. KRS dilakukan oleh setiap mahasiswa secara langsung di PSMA Online pada setiap awal semester Ganjil / PTA (September) dan Genap / ATA (Februari).

6. Blanko Pembayaran
    Di menu blanko pembayaran ini adalah menu untuk mahasiswa membayar kuliahnya, di sini ada    nomor virtual, NPM, nama, pembayaran, keterangan, jumlah, dan aksi.

7. Daftar Sidang
    Di menu daftar sidang ini hanya digunakan saat kita ingin mendaftar sidang, dan di menu ini     sudah ada data kalian jadi kalian hanya mengisi jurusan saja.

8. Daftar Ulang 
    Di menu daftar ulang ini hanya digunakan saat kita ingin mendaftar ulang pada semester 2 nanti    atau semester selanjutnya

9. Akademik
    Di menu akademik ini kalian bisa melihat IPK Lokal, IPK Utama, dan IPK Total

10. SKPI
    Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI) ini mengacu pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan Konvensi Unesco tentang pengakuan studi, ijazah dan gelar pendidikan tinggi. Dokumen SKPI ini menyatakan kemampuan kerja, penguasaan pengetahuan, dan sikap / moral pemegangnya. 

11. Perpustakaan
    Di menu ini kalian akan di direct ke web perpustakaan gunadarma, jika kalian ingin booking buku, kalian bisa menggunakan web perpustakaan gunadarma.

12. Surat keterangan
     Di menu Surat keterangan ini kalian bisa membuat surat keterangan misal, surat keterangan mahasiswa aktif kalian bisa membuatnya di menu ini. Dan membuat surat keterangan memiliki peryaratannya yaitu:
    1. Mahasiswa Aktif pada semester ybs
    2. Menunjukkan Blangko pembayaran atau KRS semester ybs pada saat pengambilan surat keterangan
    3. Apabila tidak ada jenis surat keterangan yang akan dibuat silahkan mengurus di loket surat keterangan (loket 4 - 8)
    4. Kampus D Jl. Margonda Raya No.100 atau Kampus J - Kalimalang Bekasi
    5. Untuk Pengajuan Permohonan Magang Kerja/PKL harap mengirimkan surat ijin orangtua dan diemail ke esurket@gunadarma.ac.id

13. Portofolio
    Di menu ini kalian bisa memasukkan tugas yang di upload di blog.

14. Ganti Password 
    Jika kalian lupa dengan password student site kalian kalian bisa pilih menu ini untuk mengubah password kaian.

Sekian penjelasan saya tentang student site jika ada kesalahan atau kemurangan mohon dimaafkan, TERIMAKASIH






No comments:
Write comments

Network

Haii gaess welcome to TutorIT, jadi TutorIT ini adalah Tutorial seputar IT, jadi buat kalian yang ingin tahu tentang IT kalian bisa baca blog ini dan semoga bermanfaat untuk kalian semua