Monday, October 7, 2019

Configurasi Control Panel Hosting Dengan ZPanel dan Plesk

Hai gaesss kali ini gw akan memberitahu ke kalian Cara Configurasi Control Panel Hosting Dengan ZPanel dan Plesk



Langkah Konfigurasi :

1. Pertama kita harus download terlebih dahulu microsoft visual studio runtime. Anda bisa mendownloadnya disini https://sourceforge.net/project/zpanelcp/files/server_stack/10.0.2/ . Pilih yang zpanel_vcredist_64.exe. Kemudian download.


2. Setelah selesai download, langsung jalankan aplikasinya dengan cara klik 2x.

3. Maka akan muncul pop up seperti berikut, langsung klik next.

4. Klik install untuk menginstall dan tunggu sampai loading selesai

5. Jika sudah selesai klik finish


6. Selanjutnya kita harus download file aplikasi yang kedua yaitu zpanel stack. Anda bisa mendownloadnya disini https://sourceforge.net/project/zpanelcp/files/server_stack/10.0.2/ . Pilih filenya yaitu zpanel-stack-1_0_2_php53.exe. Kemudian download

7.Langsung jalankan aplikasinya dengan double klik.

8. Lalu kalian running Zpanel Server Stack 

9. Klik install untuk menginstall dan tunggu sampai loading selesai

10. Proses instalasi MYSQL, webserver, filezia, dsb akan berjalan kemudian beberapa saat kemudian akan muncul windows features netframework 3.5 lalu klik close

11. Jika sudah selesai klik finish


12. Setelah itu kita harus download file yang ketiga yaitu instaler zpanelnya. Bisa didownload di link berikut https://github.com/zpanel/zpanelx/releases/tag/10.1.0 . Pilih installer-10.1.0-win32.exe, atau bisa disesuaikan sesuai kebutuhan. Kemudian langsung download

13. Langsung saja jalankan aplikasinya, klik 2x pada file instaler zpanelnya.

14. Lalu kalian running ZPanelX

15. Klik i accept the agreement

16. Klik install untuk menginstall dan tunggu sampai loading selesai

17. Tunggu proses instalasinya selesai sampai masuk ke tampilan seperti berikut. Masukkan full name dan email address yang akan didaftarkan pada saat login zpanel nantinya. Kemudian enter.

18.Pada FQDN masukkan domain yang akan didaftarkan pada server dan jangan lupa masukkan passwordnya. FQDN sendiri adalah kepanjangan dari Full Quality Domain Name. Langsung enter.


19. Selanjutnya akan ada proses penginstalan beberapa package atau fitur-fitur yang ada di zpanel. Pastikan semuanya successfully dan muncul tampilan press any key to continue. Klik tombol apa saja yang ada di keyboard untuk melanjutkan prosesnya.

20. Jika sudah selesai klik finish

21. Selanjutnya kita coba login ke zpanel. masukkan nama domain yang sudah dibuat tadi pada address bar. Masukkan username dan password. Untuk username isikkan defaultnya yaitu zadmin. Kemudian login.

22. Jika berhasil maka akan masuk ke tampilan awal zpanel seperti berikut. Disini kita bisa melakukan konfigurasi zpanel sesuai dengan kebutuhan dan fitur yang ada

Konfigurasi ZPanel Meembuat FTP Account :

1. Selanjutnya kita harus buat domain terlebih dahulu atau bisa membelinya di situs-situs yang terpercaya. Disini karena saya hanya menguji untuk pembelajaran, maka saya membuat domain sendiri melalui fitur DNS Server. Daftarkan domainnya pada server dns.

2.  Kemudian lakukan uji koneksi terhadap domain yang sudah didaftarkan dengan melakukan perintah ping. Pastikan koneksinya reply atau yang berarti sudah terhubung dan pastikan IPnya benar.

3. Sebagai informasi tambahan, jika kita lupa nama user dan password zpanel yang diinstal, kita bisa mengeceknya di drive C kemudian pilih folder zpanel dan klik login_details.

4. Maka akan tersimpan pada notepad seperti berikut

5. Disini saya mencoba untuk membuat konfigurasi pada fitur File yaitu dengan create FTP Account.

6.  Masukkan username dan password untuk login ke ftp nantinya. Kemudian pilih access typenya yaitu full access agar client bisa mengcreate file. Pada home directory pilih use domain directory lalu pilih root. Langsung klik create.

7. Bisa kita lihat seperti gambar berikut bahwa kita sudah membuat satu user account ftp.

Verifikasi Menggunakan Web Browser:

1. Lakukan verifikasi untuk menggunakan ftp pada zpanel yang sudah kita buat tadi melalui web browser. Masukkan alamat ftpnya pada address bar seperti berikut: ftp://zpanel.ilham.web.id. Kemudian enter. Maka akan muncul pop up sign in. Masukkan username dan password lalu enter.


2. Jika sudah berhasil login ke ftp pada zpanel yang sudah kita buat, maka tampilan awalnya seperti berikut. Yaitu pada bagian index of masih terlihat kosong karena kita belum membuat atau mengisi file apapun.



Verifikasi Melalui File Manager:

3. Lakukan verifikasi juga menggunakan file manager. Masukkan alamat ftpnya yaitu: ftp://zpanel.ilham.web.id. Kemudian enter. Maka akan ada pop up log on as. Masukkan username dan password lalu enter.


4. Karena tadi kita membuatnya full access, maka kita coba membuat satu folder. Disini saya membuat folder FTP ILHAM.

Verifikasi Melalui CMD:

1. Terakhir lakukan verifikasi menggunakan CMD. Ketikkan alamat ftpnya yaitu: ftp zpanel.ikbal.web.id kemudian enter. Masukkan user dan password ftp zpanelnya. Setelah berhasil masuk, kita coba buat satu folder dengan perintah mkdir. Lalu cek folder yang telah dibuat dengan perintah dir. Maka bisa kita lihat folder yang kita buat terdapat di ftp account yang ada di zpanel.



KONFIGURASI PLESK

1. Langkah pertama karena sebelumnya kita sudah mendownload aplikasi installer plesk, disini kita langsung saja Run aplikasinya. dan nantinya akan muncul pop up bahwa kita diharuskan untuk memasukkan http://localhost:8447/ pada browser.

2. Kemudian akan muncul secara otomatis browser tersebut, lalu masukkan Login name Administrator dan password masukkan password pc anda.

3. Jika sudah, maka akan muncul tahap install and update plesk, disini kita pilih install or upgrade product, agar kita bisa memulai sebuah aplikasi yang kita inginkan.

4. Selanjutnya kita ceklis pada Plesk dan pilih Install version Plesk Onyx 17.8.11(stable). Kemudian klik continue.

5. Kemudian proses download sedang berjalan, kita tunggu hingga selesai.

6. Pada bagian ini ada 3 tipe instalasi dari plesk yaitu Recommended, Full, dan Custom. Kali ini saya menggunakan Recommended. Kemudian kita ceklis pada Preview compenents selection kemudian klik continue.

7. Kemudian pada Status Component bisa kita pilih sesuai dengan kebutuhan. Untuk tandanya, tanda hijau berarti install, tanda merah berarti tidak diinstal, dan tanda seru biru berarti tersedia update.  Kita scroll kebawah kemudian klik continue

8. Untuk spesifikasi path default akan diletakkan pada drive C:\ProgramFiles(x86)\Plesk, sedangkan content webnya terletak di C:\Inetpub\whosts. Selanjutnya kita isikan password servernya dan klik continue.

9. Disini proses product yang akan diinstall sedang berjalan dan kita tunggu hingga selesai. Pastikan juga internet kalian berjalan dengan lancar.

10. Jika proses installasi sudah selesai, disini kita langsung saja klik OK untuk melanjutkan.

11. Maka akan terbuka kembali tab awal. Namun tidak perlu mengulang kembali. Langsung saja klik Update Components

12. Untuk mengkonfigurasi akun Plesk, Buka https://IPServer:8443 pada web browser. Maka akan ada peringatan. Untuk melanjutkan Klik Advanced kemudian proceed to IPserver

13. Selanjutnya kita akan di arahkan ke  Login tab dari Plesk. Masukkan username sebagai Administrator dan password dari administrator. Lalu klik Login.

14. Kemudian disini kita isikan beberapa informasi yang diperlukan berupa email, password dan type lisensi kita ceklis pada Proceed with a full-featured trial license. Lalu ceklis juga pada agreement plest. Kemudian klik Enter Plesk. 

15. Proses installasi pada plesk sedang berjalan, kita tunggu hingga selesai.

Konfigurasi Domain:

1. Jika proses installasi sudah selesai akan muncul tampilan awal plesk seperti dibawah ini, kemudian kita klik Add Domain untuk menambahkan.

2.  Kemudian akan muncul tahap untuk membuat domain, disini kita isikan beberapa informasi mengenai:
* nama domain
* username
* password : hurus besar, huruf kecil, angka dan simbol agar lebih secure.
Lalu klik OK.

3. Jika sudah berhasil dibuat, maka tampilannya akan seperti dibawah ini.

TERIMAKASIH GAESS SEMOGA MEMBANTU

No comments:
Write comments

Network

Haii gaess welcome to TutorIT, jadi TutorIT ini adalah Tutorial seputar IT, jadi buat kalian yang ingin tahu tentang IT kalian bisa baca blog ini dan semoga bermanfaat untuk kalian semua